Home / Entertainment / Inilah 5 Manfaat Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Inilah 5 Manfaat Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Tidak jarang musik sering kali didengarkan meski sambil olahraga sekalipun. Walau hal ini bukanlah fenomena baru, banyak orang yang masih belum sadar bahwa musik mengefek terhadap latihan kita. Kita hanya tahu mendengarkan musik itu dapat menaikkan mood. Akan tetapi, apa kamu sudah tahu bahwa hal itu mempunyai bermacam efek positif terhadap kesehatan tubuh?

Sekelompok peneliti dari Universitas Bagian Selatan Pulau Ratu di Brunei membuktikan, olahraga jadi lebih terasa ringan dan santai saat mendengarkan musik. Meningkatnya kinerja individu serta bisa memotivasi diri dengan lebih semangat. Jenis musik yang mampu jadi pacuan energi kita bisa dari genre apa saja. Karena pada dasarnya tiap orang memiliki kesukaan genre musik yang berbeda. Penelitian tersebut juga sudah melakukan uji coba terhadap beberapa genre musik yang banyak disukai masyarakat umum. Namun, untuk tes nilai tingkatan tertinggi genre musik, pop dan metal menjadi pacuan energi yang baik untuk tubuh. Setelah kita mengetahui hal itu, masih penasaran dengan manfaat lain mendengarkan musik saat olahraga? Kami rangkum dari beberapa sumber yang terbukti kepastiannya.

Kondisi Fisik Makin Baik

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mendengarkan musik juga bisa meningkatkan imunitas manusia. Memutar musik yang memiliki banyak irama dalam lagu, bahkan sebenarnya bisa memperkuat kodisi fisik seorang atlet selama latihan low-rank dan middle-rank. Daya tahan tubuh seseorang dipengaruhi berdasarkan imunitas yang ada demi mempertahankan kondisi fisik. Jika musik yang kita dengar termasuk lagu favorit, maka imunitas akan semakin terbentuk dengan cepat. Keadaan fisik yang fit membuat kita tidak akan mudah terserang penyakit dengan mudah. Olahraga pun akan menjadi lebih terasa kesegarannya jika kondisi fisik kita terjaga dengan baik.

Menambah Hormon

Walaupun kita tahu musik termasuk salah satu hal simple, tapi mempunyai efek yang lebih besar. Bahkan musik yang kita dengarkan bisa mengubah sifat berpikir dan perilaku pada diri kita. Tempo nada stabil dan kuat dari musik yang kita dengar mampu membuat kita semangat menjalani aktifitas. Bahkan penelitian mengatakan bisa meningkatkan hormon pada tubuh manusia. Karena itulah banyak dari kita tetap menggandrungi musik tiap harinya. Bisa sekalian membantu perkembangan pertumbuhan fisik kita dengan menaiknya sejumlah hormon pada tubuh. Bertambahnya hormon pada tubuh kita juga bisa menjadi kesempatan hidup sehat yang lebih lama. Kita tidak mudah kekurangan hormon jika sedang mengalami tidak enak badan tanpa bisa berolahraga. Maka dari itu dengan adanya musik, kita bisa memaksimalkan peningkatan hormon yang ada pada tubuh kita sendiri.

Semangat Menjadi Maksimal

Untuk melakukan aktifitas, terkadang beberapa orang seperti kita membutuhkan adanya asupan moodbooster demi kelancaran yang lebih memuaskan. Mood manusia bisa berubah-ubah tanpa tahu waktu mau di manapun kita berada. Maka dari itu, mendengarkan musik sambil olahraga sekalipun akan bisa menaikan tingkat mood kita. apalagi jika kita mendengarkan genre musik favorit, kita berolahraga semakin bersemangat tanpa memperdulikan kelelahan.

Semakin Kuat Produktif

Ketika kita ingin mempertahankan kesehatan tubuh, biasanya secara inisiatif kita melakukan olahraga di akhir pekan. Kita akan dapat peningkatan produktifitas yang lebih tinggi dari yang kita harapkan. Kesehatan dan kebugaran dibutuhkan untuk melakukan aktifitas olahraga yang akan kita jalani agar daya tahan tubuh semakin kuat. Sementara mendengarkan musik sembari berolahraga dapat lebih cepat meningkakan daya tahan fisik kita. Penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa musik dapat mengalihkan perhatian kita dari rasa nyeri saat berolahraga.

Tempo Musik Mengurangi Cedera

Reflek gerakan tubuh mampu semakin luwes dengan mendengarkan musik bertempo cepat. Peneliti juga mengungkapkan bahwa tempo musik bisa mensinambungkan pergerakan tubuh kita agar terhindar dari resiko cedera. Kewaspadaan kita akan terasah meski sedang mendengarkan musik sembari berolahraga. Akan tetapi jangan sampai melupakan pemanasan agar tubuh kita tidak terlalu kaku dan terhindar dari keram. Pastikan juga untuk mengatur volume sedang-sedang saja, tidak baik bagi kesehatan telinga jika kita mendengarkan dengan suara keras. Langkah kaki secara otomatis akan mengikuti tempo musik yang kita dengarkan baik itu cepat ataupun lambat.

Related Post

Subscribe to our newsletter