Home / Foto / Bekerja sebagai Fotografer, Apakah Itu Menjanjikan?

Bekerja sebagai Fotografer, Apakah Itu Menjanjikan?

Fotografer Profesional

Fotografer merupakan individu yang berkecimpung di dunia fotografi. Individu yang menangkap cahaya, mungkin bisa jadi julukan yang keren untuk para fotografer. Fotografi adalah kegiatan yang menggunakan kamera sebagai objek utama. Sederhananya, anda mengambil foto dengan media kamera, itulah penjelasan sederhana fotografer. Lantas apa fotografi itu sendiri?

Dilansir dari berbagai sumber, fotografi memiliki dua asal kata dari bahasa yunani yaitu photos dan grafo yang masing-masing artinya adalah cahaya dan melukis. Secara etimologi berarti kegiatan di mana anda sebagai subjek membuat lukisan dengan cahaya melalui media kamera yang anda gunakan. Secara istilah, berarti proses atau bisa juga anda sebut metode menangkap cahaya yang menghasilkan foto melalui proses memantulkan cahaya menggunakan kamera.

Profesi ini menjadi populer sejak abad ke-20. Kepopuleran ini juga berdasar pada semakin populer dan majunya teknologi mengambil foto. Sayangnya kemajuan teknologi juga perlahan mengikis profesi ini. Karena semakin maju teknologi, orang-orang tidak akan mau repot-repot menyewa jasa seorang fotografer untuk mengambil foto lagi, mereka akan lebih memilih untuk mengambil foto sendiri menggunakan gawai canggih milik mereka sendiri.

Sangat disayangkan memang, tapi seperti itulah kenyataan pahit yang harus perlahan fotografer atau tukang foto telan. Kamera sendiri menjadi semakin maju dari tahun ke tahun. Jika membandingkan kamera modern dengan ketika pertama kali penemunya temukan dan buat, kamera sudah mengalami kemajuan yang sangat hebat. Sayangnya kemajuan yang kamera alami kamera masih kalah jauh dengan gawai praktis seperti smartphone. Memang cukup menyedihkan dan menyayat hati, tetapi sepert itulah adanya.

Faktor Berkurangnya Peminat Profesi Fotografer

Faktor berkurangnya suatu pekerjaan memiliki banyak penyebab. Semakin sedikit peminat suatu pekerjaan, semakin mudah pula kualifikasi untuk mendapatkannya. Semakin mudah proses mendapatkannya, akan semakin tinggi persaingannya dan kembali ke pengulangan nomor satu. Berikut akan kami jelaskan faktor-faktor apa saja yang profesi fotografer perlukan untuk bertahan dalam dunia kerja fotografi:

  • Daya Saing yang Ketat dan Tinggi

Selain faktor kemajuan teknologi dan berjalannya zaman, ada faktor-faktor lain yang membuat profesi fotografer ini berada di ujung tanduk kepunahan. Kompetisi atau bahasa sederhananya adalah persaingan, faktor internal suatu profesi itu sendiri. Semua fotografer profesional pasti pernah mengalami hal ini, persaingan yang ketat hanya demi mendapatkan sebuah job. Meskipun ini kebanyakan hanya terjadi di kota-kota besar di mana profesi fotografer banyak diminati, tapi tetap saja akan mengurangi minat untuk para generasi selanjutnya.

  • Teknik dan Skill yang Mumpuni

Teknik dan Skill sangat fotografer butuhkan untuk bisa bertahan atau survive di dunia fotografi. Jika skill anda di bawah rata-rata, anda harus bisa meningkatkannya melalui banyak latihan dan praktik. Latihan dan praktik membutuhkan seperangkat kamera pribadi yang harganya jauh dari kata murah. Mahalnya harga perlengkapan fotografi menghambat seseorang untuk bisa mengembangkan skill dan teknik yang bisa mereka gunakan di dunia kerja. Di dunia kerja, semua yang tidak memiliki kualifikasi yang mumpuni akan terbuang dan membusuk di ujung pojok tempat kerja. Bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan dipecat. Sepenting itulah skill dalam dunia fotografi.

  • Ketekunan dan Ketelitian yang Tinggi

Ketekunan dan ketelitian memang sangat anda perlukan di berbagai pekerjaan. Semua yang anda kerjakan harus teliti dan hasil dari ketekunan. Semakin tekun dan semakin teliti anda, akan semakin baik pula hasil pekerjaan anda. Fotografi juga menganut prinsip tersebut. Semakin giat dan tekun serta teliti anda, semakin baik pula uang yang anda hasilkan sebagai fotografer. Berlaku juga sebaliknya, jika anda hanya bermalas-malasan dan tidak teliti dalam mengerjakan sesuatu, tamatlah anda.

Kesimpulan

Fotografer memang salah satu profesi yang suatu saat entah kapan akan terkikis seiring bertambahnya usia semesta ini. Tetapi jangan khawatir, selama anda memiliki daya saing yang tinggi, memiliki skill dan kemampuan uang tidak bisa dipandang sebelah mata, dan yang terakhir anda merupakan seorang individu yang teliti dan rajin anda akan bisa bertahan di dunia pekerjaan sebagai fotografer. Semua tergantung semangat anda dalam bertahan dan tidak menyerah.

 

Related Post

Subscribe to our newsletter