7 Tips Cara Mengambil Foto Lebih Profesional dengan Smartphone Anda

Ponsel saat ini melakukan lebih dari sekadar melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks. Jika Anda seperti kebanyakan orang, ponsel cerdas Anda adalah perangkat yang tepat untuk mengambil foto. Itu selalu ada di saku Anda! Ponsel pintar telah meningkat secara dramatis selama beberapa tahun terakhir. Dan sekarang lensa dan sensor dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi lima megapiksel atau lebih, menyaingi banyak kamera point-and-shoot. Namun, Anda mungkin tidak dapat mengambil foto terbaik yang mampu dilakukan ponsel cerdas Anda. Jika foto Anda menjadi buram, berbintik, atau kurang pizzazz, cobalah tip ini untuk membuat foto Anda siap untuk Instagram.

1. Tingkatkan Aplikasi Kamera Anda

Aplikasi kamera asli Android cukup untuk mengambil foto, tetapi Anda tidak terbatas pada aplikasi itu. Faktanya, banyak aplikasi kamera gratis di pasaran dapat membantu Anda mengambil gambar yang lebih baik dan lebih jelas. Berikut adalah tujuh aplikasi smartphone yang bagus untuk dipilih. Dengan banyak aplikasi kamera termasuk fitur-fitur seperti anti-blur, kotak kisi untuk menyejajarkan bidikan Anda dengan benar. Dan opsi pengeditan dan berbagi lanjutan.

2. Mulailah Dengan Lensa Bersih

Ponsel cerdas Anda lebih banyak digunakan daripada kamera standar Anda. Ada di saku atau tangan Anda sepanjang hari, sehingga lensanya mudah kotor. Sidik jari atau noda pada lensa dapat merusak hasil foto yang bagus. Jadi sebelum mengambil foto, bersihkan lensa dengan kain mikrofiber.

3. Gunakan Garis Kisi Saat Mengambil Bidikan

Garis kisi berguna untuk menjaga gambar Anda tetap lurus. Lebih penting lagi, bagaimanapun, mereka membantu Anda menerapkan aturan sepertiga untuk mengambil foto yang enak dipandang dengan mudah. Aturan sepertiga menekankan penempatan cakrawala di sepertiga atas atau bawah foto. Dengan elemen lain jatuh di sepanjang perpotongan garis kisi untuk menciptakan keseimbangan.

4. Gunakan Orientasi Lansekap

Gunakan orientasi lanskap daripada orientasi potret untuk beberapa bidikan Anda. Orientasi lanskap memungkinkan Anda menyesuaikan lebih banyak ke dalam foto. Dan sangat cocok untuk mengambil gambar sekelompok besar orang serta foto alam. Mereka juga akan terlihat lebih baik saat melihatnya di komputer atau televisi Anda.

5. Gunakan Resolusi Tertinggi

Smartphone baru seperti Samsung Galaxy S5 adalah ponsel luar biasa yang dapat memotret dengan resolusi sangat tinggi. Dan biasanya semakin tinggi resolusi foto Anda, semakin baik tampilannya. Pilih resolusi foto tertinggi yang tersedia di pengaturan kamera Anda untuk memastikan bahwa gambar Anda berkualitas tinggi. Jika memungkinkan, gunakan kamera belakang untuk selfie Anda, bukan kamera depan.

Saat Anda memilih resolusi tertinggi untuk foto, Anda harus menyimpannya secara eksternal bukan di penyimpanan perangkat Anda. Gunakan aplikasi berbagi foto dan layanan penyimpanan cloud seperti Picasa, Flickr, dan Dropbox untuk menjauhkannya dari ponsel Anda. Atau, Anda juga dapat membeli kartu micro-SD atau SD berkapasitas tinggi. Untuk menyimpan foto-foto resolusi tinggi ini langsung di ponsel Anda.

6. Lebih Dekat Daripada Memperbesar

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan fungsi zoom, tetapi Anda tidak boleh menggunakannya. Ini memperbesar gambar tetapi mengurangi kualitas, menghasilkan gambar berbintik dan buram yang mungkin Anda terlalu malu untuk membagikannya.

Daripada menggunakan zoom, dekati subjek Anda sedekat mungkin. Jika Anda memiliki terlalu banyak latar belakang pada foto, Anda selalu dapat memangkasnya nanti tanpa mengorbankan kualitas foto. Banyak aplikasi memungkinkan Anda untuk memotong gambar Anda, termasuk aplikasi kamera asli. Pilihan populer lainnya termasuk Photoshop Express, Instagram, dan Snapseed.

7. Bidik dalam Cahaya Alami

Ponsel cerdas tidak memiliki flash yang nyata. Cahaya LED terang yang digunakan kamera sebagai flash lambat dan seringkali terlalu terang. Mata merah yang tidak sedap dipandang dan gambar pudar sering terjadi saat menggunakan fungsi lampu kilat.

Singkirkan sama sekali kebutuhan akan lampu kilat dengan memanfaatkan cahaya alami. Dengan mengubah posisi Anda, mendekati jendela, atau sekadar berjalan-jalan di luar. Anda akan mendapatkan foto yang lebih cerah dengan warna yang seperti aslinya. Jika Anda harus menggunakan lampu dalam ruangan untuk mendapatkan foto yang cukup terang. Pilihlah cahaya putih, dan jauhi lampu yang mengeluarkan nada kuning pada subjek foto Anda.

Dengan menggunakan tips ini, Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda untuk mengambil foto yang menyaingi foto dari kamera tradisional. Mereka akan terlihat jelas, penuh warna, sejajar dengan benar, dan dipenuhi dengan cahaya alami. Selain itu, Anda akan menemukan bahwa semakin banyak Anda berlatih mengambil foto yang lebih baik. Semakin sedikit pengeditan yang perlu Anda lakukan.